5 Langkah Membersihkan Luka Lecet Anti Infeksi

In Kesehatan 102 views
5 (100%) 12 votes

Bagaimana Cara Membersihkan Luka Lecet ? Jika Anda atau anak Anda mendapat luka, goresan, atau luka bakar, penting untuk segera mencuci luka untuk menghentikan infeksi. Beginilah cara melakukannya dengan lima langkah mudah.

Langkah 1. Cuci Tangan Anda

Bersihkan tangan menggunakan sabun dan air atau pembersih tangan, lalu gunakan sarung tangan sekali pakai, jika memungkinkan. Coba ini sebelum Anda menyentuh lukamu atau mengobati luka bakar, luka, atau goresan orang lain. Tangan yang bersih dan tertutup membantu mencegah infeksi.

Langkah 2. Terapkan Tekanan Lembut

Langkah ini hanya berlaku jika luka berdarah. Lewati ini untuk luka bakar.

Manfaatkan kain bersih atau kasa steril untuk dengan lembut menekan lukanya sampai pendarahan berhenti (luka kecil dan goresan mungkin tidak memerlukan tekanan). Tinggikan (naikkan) bagian yang sakit, jika memungkinkan. Jika darah merembes melalui kain atau kain kasa, biarkan penutup pada luka. Tempatkan bagian bersih lainnya di bagian atas dan terus gunakan tekanan. Segera cari pertolongan medis jika:

  1. Lukanya ada pada seorang anak di bawah umur setiap tahun
  2. Pendarahan parah atau tidak berhenti dengan tekanan lembut
  3. Luka Anda memiliki ujung bergerigi
  4. Potongannya dalam, menganga, atau di sepanjang sambungan
  5. Lukanya adalah hasil dari benda kotor atau merupakan hasil dari proyektil atau sesuatu yang menusuk kulit
  6. Lukanya adalah hasil gigitan manusia atau hewan
  7. Luka terjadi di wajah atau area genital

Jahitan sering dibutuhkan untuk memotong lebih dari ½ inci. Jika Anda memiliki potongan di wajah Anda yang ¼ inci atau lebih panjang, penyedia layanan kesehatan mungkin menutupnya dengan lem atau jahitan bedah.

Langkah 3. Bilas dengan Air

Anda tidak perlu produk hidrogen peroksida atau yodium untuk membersihkan potongan atau goresan sederhana secara menyeluruh. Ikuti saja langkah-langkah ini:

  1. Bilas luka di air jernih untuk melepaskan dan menghilangkan kotoran dan kotoran.
  2. Manfaatkan kain lap lembut dan sabun lembut untuk mencuci seluruh luka. Jangan letakkan sabun di lukanya. Itu akan menyakiti dan menyebabkan iritasi.
  3. Gunakan pinset untuk menghilangkan kotoran atau kotoran yang juga muncul setelah dicuci. Bersihkan pinset terlebih dahulu dengan isopropil alkohol. Jangan mengambil luka itu. Jika lukanya tidak bisa dibersihkan, hubungi dokter.
  4. Jika Anda mengalami luka bakar, bilas lokasinya di bawah air dingin (tidak dingin) selama 10 hingga 15 menit. Atau, letakkan kain mengagumkan pada luka bakar untuk jangka waktu yang sama. Temui dokter Anda jika ada lepuhan besar. Pergi ke er segera jika Anda memiliki luka bakar besar.

Langkah 4. Gunakan Krim atau Salep Antibiotik

Antibiotik kulit over-the-counter, seperti Neosporin atau Polysporin, membantu menjaga kelembaban kulit dan mengurangi kemungkinan infeksi. Tidak selalu perlu menggunakan ini ketika Anda memiliki potongan kecil atau goresan. Tetapi menerapkan lapisan tipis dapat meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh Anda dan mengurangi jaringan parut. Dokter dapat merekomendasikan penggunaan antibiotik topikal ketika Anda memiliki luka bakar yang pecah terbuka.

Beberapa orang alergi terhadap bahan-bahan tertentu dalam produk ini. Berhenti menggunakan krim atau salep jika alergi muncul.

Langkah 5. Perban Luka – Terkadang

Anda tidak perlu membalut setiap boo-boo. Jika Anda memiliki goresan kecil atau potongan, bersihkan dan biarkan saja. Jika tidak, letakkan perban yang jelas, steril, tidak lengket pada luka setelah membersihkannya. Ini membantu mencegah kuman. Anda akan menemukan sejumlah perban dan plester di toko obat di lingkungan Anda. Pita kertas mungkin kurang mengiritasi kulit sensitif. Ganti perban setidaknya satu kali setiap hari atau saat basah atau kotor.

Berhati-hatilah untuk menutupi luka atau luka di area yang cenderung kotor atau germi, seperti kedua tangan atau kaki. Selain itu Anda ingin membalut luka yang bisa menggosok pakaian, seperti luka di lutut Anda. Selalu tutupi luka besar.

Setelah Anda Membersihkan Luka

Jangan memilih scab – mereka adalah bagian dari proses penyembuhan. Memetiknya bisa meninggalkan bekas luka.

Hubungi dokter Anda jika Anda memperhatikan gejala berikut. Mereka bisa berarti luka terinfeksi:

  1. Peningkatan kemerahan atau bengkak
  2. Nyeri yang memburuk
  3. Kulit di sekeliling luka terasa hangat
  4. Bau yang tidak menyenangkan saat membersihkan luka
  5. Drainase yang tidak biasa atau meningkat
  6. Demam atau kedinginan

Jika Anda mengalami luka bakar, atau luka yang merusak kulit, tanyakan kepada dokter Anda untuk melihat apakah Anda memerlukan penambah tetanus.

 

Tags: #cara membersihkan #luka

7 Langkah Cara Membersihkan Tempat Duduk (Jok) Mobil
7 Langkah Cara Membersihkan Tempat Duduk (Jok) Mobil
5 (100%) 11 votes Kapan terakhir kali
3 Cara Membersihkan Plek Hitam di Wajah
5 (100%) 11 votes Apa Penyebab Dari
Cara Membersihkan Wajah Berminyak
Cara Membersihkan Wajah Berminyak
Rate this post Bagaimana Cara Membersihkan Wajah
7 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami
7 Cara Membersihkan Usus Besar Secara Alami
4.6 (92.73%) 11 votes Bagaimana cara membersihkan usus

Leave a reply "5 Langkah Membersihkan Luka Lecet Anti Infeksi"

Must read×

Top