Akrilik : Pengertian & Karakteristik

In Tips 967 views
5 (100%) 4 votes
pengertian dan karakteristik akrilik

Pada tingkat paling dasar, akrilik adalah bentuk plastik yang transparan dan memiliki kualitas termoplastik. Ini lebih dikenal dengan nama “Plexiglass”.

Pengertian Akrilik

Akrilik mirip dengan polikarbonat karena keduanya digunakan sebagai alternatif untuk kaca karena transparan tetapi jauh lebih tahan terhadap kerusakan daripada kaca. Akrilik pertama kali diproduksi hampir 100 tahun yang lalu pada tahun 1928, dan diperkenalkan ke pasar lima tahun kemudian oleh Perusahaan Rohm dan Hass.

Bahan tersebut dianggap sebagai salah satu plastik paling jelas di sekitar. Acrylic awalnya digunakan kembali pada Perang Dunia 2 untuk membuat periskop untuk kapal selam, serta menara, kanopi, dan jendela pesawat. Pilot yang matanya rusak oleh pecahan akrilik yang rusak cenderung lebih baik daripada mereka yang terluka oleh pecahan kaca.

Dewasa ini, akrilik banyak di jual di toko akrilik yang umumnya digunakan untuk aplikasi yang memanfaatkan transparansi alami dan ketahanan berbagai varietas akrilik. Ini biasanya digunakan untuk membuat kuku akrilik, lensa, cat, peralatan medis, penghalang keamanan, furnitur, dan layar LCD. Transparansi akrilik berarti juga dapat digunakan untuk membuat jendela, tank, dan selungkup untuk museum dan kebun binatang.

Sementara akrilik tersedia secara komersial dalam berbagai warna yang berbeda – beberapa di antaranya transparan – bahan baku akrilik itu sendiri memungkinkan cahaya untuk melintas pada tingkat yang hampir sama dengan kaca.

Ini membuatnya menjadi alternatif yang bagus untuk kaca, mirip dengan polycarbonate. Ada beberapa perbedaan dengan akrilik, salah satunya adalah bahwa ia bebas dari zat berbahaya bisphenol-A (BPA). Perbedaan lainnya adalah bahwa polycarbonate memiliki kekuatan impak yang lebih tinggi daripada akrilik.

Akrilik tersedia secara luas dengan harga yang relatif murah. Itu membuat alternatif yang baik untuk polikarbonat dalam situasi di mana kekuatan material tidak penting.

Kadang-kadang akrilik dilaminasi ke polikarbonat (PC) untuk menggabungkan kekuatan polikarbonat dengan ketahanan gores akrilik. Ini adalah bagaimana beberapa jenis kaca anti peluru dibuat. Polikarbonat menghentikan peluru sementara akrilik mencegah goresan selama penggunaan sehari-hari.

Karakteristik Akrilik

karakteristik akrilik
sumber


Sekarang kita telah melihat kegunaan untuk akrilik, mari kita melihat lebih dekat pada karakteristik material. Akrilik dianggap sebagai termoplastik, yang berkaitan dengan bagaimana ia berinteraksi dengan panas.

Bahan termoplastik akan menjadi cairan pada suhu tertentu, yang diketahui sebagai titik leleh. Titik lebur akrilik adalah 160 Celcius. Salah satu keuntungan menggunakan termoplastik adalah mereka lebih mudah dibentuk karena mereka dapat dipanaskan hingga titik lelehnya, dibentuk, didinginkan, dan dipanaskan kembali tanpa merusak struktur internal mereka.

Alih-alih dibakar, plastik ini mencair. Mereka dapat disuntikkan ke dalam cetakan dan mudah didaur ulang.

Kebalikan dari termoplastik adalah plastik termoset. Plastik ini hanya bisa dipanaskan sekali saja, sering ketika disuntikkan ke dalam cetakan. Set plastik termoset setelah dipanaskan, yang merupakan perubahan kimia yang ireversibel.

Mencoba memanaskan ulang plastik termoset ke suhu tinggi lainnya akan membuatnya terbakar. Dengan demikian, plastik termoset tidak sebagus termoplastik untuk didaur ulang.

Tags: #akrilik

Cara Membaca dan Memahami Laporan Laba Rugi Anda
Cara Membaca dan Memahami Laporan Laba Rugi Anda
Rate this post Apa itu laporan laba
Cara Membersihkan Bekas Stiker
Cara Membersihkan Bekas Stiker
5 (100%) 10 votes Langkah-langkah Utama: Kering
3 Cara Membersihkan Tas
3 Cara Membersihkan Tas
5 (100%) 13 votes Dompet kulit yang
Cara Membersihkan Filter AC Yang Benar
Cara Membersihkan Filter AC Yang Benar
5 (100%) 9 votes Sangat penting untuk

Leave a reply "Akrilik : Pengertian & Karakteristik"

Must read×

Top